Filsafat 

Riview Buku : Filsafat  Eksistensialisme

 

Oleh : Hendi Supriatna

Buku ini mejelaskan bagaimana pemikian filsafat eksistesialis ini muncul. Maka pemikiran Kierkegaard, satre, dan Camus. Pemikiran ketiga tokoh ini sangat luar biasa pemikiran mengenai filsafat eksistensialis. Karena pada periode ini sangat didominasi oleh kristen. Begitu pula terpengaruhi oleh agama krtisten pada waktu itu. sebenaranya tidak banyak ajaran-ajaran mengenai Thomas dan Camus.

Menurut ketiga tokoh tadi bahwa eksistensialis adalah kepedulian eksistesi manusia. Eksistensialisme adalah sebuah minat yang menuntut agar semua aktivitas manusia lainnya. Dihilangkan pada posisi skunder . karenanya orang-orang eksistensialis hampir semuanya kurang berminat. Yang menuntut agar semua aktivitas manusia lainyahilang.

Karenanya semua orang-orang eksistesialisme kurangberminat mengenai. Pada sain eksperimen. Sebaliknya dalam diri manusia ada gerakan dari yang objekmenuju yang subjektif. Gerakan dari dunia luar manusia menuju dunia manusia yang didalam.

Munculnya eksistensialis manusia muncul dari tekad manusia yang penuh. Sebuah kehidupannya yang dijalani. Kehidupan yang terdiri pilihan dan keputusan. Karena itu mereka secara luas membahas prsoalan yang berkenaan dengan makna kehidupan manusia. Dengan titik tekan pada moralitas dan etika.

Kepedulian terhadap eksistensi manusia telah membuat para eksistensialis tersebut. Benar-benar peran yang harus dimainkan. Mereka mengangap bahwa kehidupan yang sempurna adalah kehidupan yang eksistens, sadar pada setiap eksistensinya.

Kemudian mereka yakin bahwa manusia harus memiliki kesempurnaan. Maka itu akan menjadi suatu kesadaran tentang tuhan. Bahwa manusia menurut kamus tdak harus lagi eksistensi keberadaan tuhan. Melainkan manusia harus fokus pada kehdiupanya sendiri.

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: