Berita 

Seruan Aksi May Day 2019

Kepada seluruh rakyat kelas pekerja. Buruh formal atau informal, manufaktur atau pertambangan. Yang bekerja di kosan, kantor, rumah, co-working space, pusat perbelanjaan, restoran, bank, atau di pabrik-pabrik. Yang berstatus pekerja tetap, kontrak, outsourcing, hingga buruh harian lepas.

Kita semua adalah buruh. Kita semua adalah kelas pekerja yang dengan peluh dan darah telah menopang laju peradaban umat manusia. Namun, dalam kapitalisme, negara dan pengusaha kerap memperlakukan kita secara tidak manusiawi. Sebagian besar nilai hasil kerja kita masuk ke saku-saku dan rekening konglomerat. Kita dipaksa menghadapi jam kerja yang panjang, upah yang rendah, status kerja yang rentan, jaminan kesehatan dan keselamatan kerja yang dipandang sebelah mata, hingga hak politik untuk berserikat yang sering kali dilibas.

Sejarah telah menunjukkan, keberanian berlawan kelas pekerja tidak pernah sia-sia. Buktinya, DELAPAN JAM KERJA yang berlaku sekarang merupakan hasil perjuangan kelas buruh. Pada 1 Mei 1886, sekitar 400.000 buruh dari latar belakang yang beragam, memulai pemogokan di Chicago, Amerika Serikat, menuntut pengurangan jam kerja. Beberapa di antara mereka harus kehilangan nyawa, bahkan ribuan luka-luka akibat serangan polisi. Tapi itu adalah wujud pengorbanan dan cara berlawan kelas pekerja, demi terciptanya kondisi dan hubungan kerja yang lebih baik dari sebelumnya.

Untuk memperingati tonggak penting perjuangan kelas pekerja dan melanjutkan perjuangan mereka tersebut. Juga demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang lebih merdeka, setara, dan sejahtera, Gerakan Rakyat Anti Kapitalis (Gerak) mengundang seluruh rakyat kelas pekerja untuk turun ke jalan memperingati Hari Buruh Internasional pada:

Rabu, 1 Mei 2019
Jam 08.00 WIB
Titik Kumpul: Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat
Titik Aksi: Gedung Sate

Hidup buruh! Hidup kelas pekerja!

#KitaSemuaAdalahBuruh #MayDayBandung2019 #Mayday #HariBuruhInternasional #HidupBuruh #HidupRakyat #MayDay2019

Related posts

Leave a Comment

%d blogger menyukai ini: